Monday, August 29, 2016

"Lebaran Ikan" tradisi masyarakat Desa Gemblegan, Klaten

Minggu 28 Agustus 2016, sekitar pukul 08.45 Kolam ikan yang berada di depan Kantor Desa Gemblegan itu sudah dipadati oleh warga, bukan hanya dari Desa Gemblegan saja, tidak sedikit yang datang dari luar Kec. Kalikotes, bahkan ada yang dari Jogja, Solo dan sekitarnya. Pada hari itu untuk ketiga kalinya masyarakat Desa Gemblegan menggelar pesta rakyat "Lebaran Ikan". Ini merupakan puncak kegiatan Gemblegan Berkreasi.

Kegiatan ini tidak tertutup untuk warga Gemblegan saja, namun terbuka untuk siapa saja yang berminat mencari ikan secara bersama-sama, disediakan lebih dari 1 ton ikan jenis lele dan bawal, bagi yang beruntung mendapatkan ikan yang ada pita emas, pita merah putih dan jenis pita yang lain akan mendapatkan hadiah berupa sepeda, lemari es, dispenser dll, total hadiahnya mencapai 10 juta.



Sebagai penanda acara akan segera dimulai, tiga petugas membawa bebek ke tengah kolam, dan segera setelah alarm dibunyikan bebek-bebek itu dilepas, semua warga masuk ke kolam mengejar untuk mendapatkan bebek tersebut dan kegiatan mencari ikan pun dimulai.

Waduuuuuhh. senangnyaaaaa... dengan penuh semangat bapak sriyanto yang telah berhasil menangkap bebek tersebut segera menepi, menyerahkannya kepada istri untuk segera kembali lagi ke tengah kolam berbaur bersama semua warga untuk menjaring ikan.

 Suasana akrab penuh suka cita tercipta, penuh riang gembira ikan bukan lagi menjadi target utama, kegembiraan dan kebersamaan lebih nikmat terasa.

Alat yang seadaanya ini sebagai salah satu buktinya, mendapatkan ikan sebanyak-banyaknya bukanlah target utama, tapi memeriahkan kegiatan ini (ngramekke), menikmati kebersamaan, berbaur dengan warga, mengajak semua anggota keluarga, menjadi hiburan yang sangat menyenangkan.

foto diambil oleh dhe Boendher Sasmito 
Termasuk saya hehehe, target utama saya momong anak wedok, membuat dia senang adalah kebahagiaan saya, selagi saya masih bisa, selagi saya masih berkesempatan.

dan kalopun dapat ikan, itu adalah extra bonus dari kebahagiaan tsb heehehe....
ya kebahagiaan disini bukan hanya untuk mendapatkan ikan bawal atau lele sebanyak-banyaknya. Seperti ungkapan Pak Kardi yang pakai kaos kuning itu, kalo cuma pingin ikan ini jaringku (sambil menunjukkan beberapa lembar uang) bawa 20 ribu saja ke Pasar Gentongan dah dapet ikan sak segone hehehehe ya Betul Sekali, saya menangkap makna dari kata2 beliau, kebahagiaan ini tidak dapat terbeli.
Semoga tahun depan, kita bertemu lagi disini, golek iwak bareng2 maneh disini. 
Sampai ketemu tahun depan.***
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment