/body

Thursday, August 9, 2018

Wajah Lama Terminal Bus Kota Klaten

Ditengah suhu politik yang kian memanas jelang PILPRES 2019, Seputar Klaten mengajak Anda untuk kembali berjalan-jalan diantara wajah lama terminal bus Kota Klaten (biar sedikit adem hehehe).
Foto-foto ini diambil pada tanggal 31 Januari tahun 2006, sekitar 12 tahun yang lalu. ^_^ lawas tenan
Bagi anak-anak Jaman Now pasti sudah tidak dapat menemui Terminal ini lagi, karena disini sudah dibangun Masjid Agung Klaten dengan nama Masjid Al ‘aqsa. Saat ini terminal bus Klaten pindah di daerah Srago atau sekitar 200 m sebelah timur stasiun Klaten.


Wajah Terminal Bus Klaten dari depan, Inilah papan namanya yang masih sangat sederhana, hanya tertulis TERMINAL BUS KLATEN. Namun, waktu itu tulisan ini sudah sangat terbaca jika kita naik bus dari arah Jogja menuju Solo.




Di depan papan nama tersebut merupakan pangkalan becak, saat itu belom ada Go Jack maupun Grab yang saat ini tinggal pencet2 smartphone dalam hitungan menit sudah jemput didepan mata.


Gapura pintu masuk dan keluar bus, kondisi sirkulasi pada area parkir kendaraan tidak jelas. Area keberangkatan dan area kedatangan bercampur dalam satu area ^_^. Eh, yang sedang melintas itu namanya Tesen ^_^ hehehe


Gapura pintu masuk terlihat dari dalam terminal, jangan heran jika ada beberapa motor terparkir disana, ya parkir dimanapun oke, hadap kemanapun juga okee, asal gak ditengah halan hehehehe

Pelayanan bus dalam Terminal Jonggrangan terbagi dalam 2 lokasi, bagian Selatan dan Utara
Ini adalah Lokasi Terminal bagian selatan. Lokasi ini melayani bus antar kota dari dan ke sekitar kota-kota di luar Klaten, tetapi lokasi ini juga digunakan untuk bus dalam kota. Pada lokasi ini hanya terdapat jalur kedatangan dan keberangkatan sehingga sering terjadi antri kendaraan. ^_^ 

Kondisi ruang tunggu kurang begitu efisien, karena dimanfaatkan oleh penjual untuk menggelar dagangannya dan jumlah dari ruang tunggu sangat terbatas. Para penumpang menunggu bus di depan masing-masing agen.
Namun ketika malam hari tiba, dan terminal sudah tutup, diseberang sana digelar wedangan Hik Lek Doel yang cukup Hitz pada masa itu, bahkan Didi Kempot pun sampai terinspirasi dan menciptakan lagu HIK Terminal Klaten. ^_^ (y) 



Trayek Yogya - Solo, saat itu tersedia sekitar 88 armada, Bus Jaya Putra sedang ngetem/menaikkan penumpang yang akan menuju Yogyakarta

Lokasi bagian utara. Lokasi ini merupakan lokasi yang terbesar diantara lokasi lainnya yang melayani arus lalu lintas bus untuk jalur antar kota antar provinsi (AKAP). Pada lokasi ini dapat menampung 15 bus.


Trayek Klaten – Jatinom – Boyolali, saat itu tersedia sekitar 15 armada, yang seang melintas  Bus Arief.


Bus AKDP Jalur 2, Trayeknya  Klaten – Bendogantungan – Bayat – Cawas – Karangdowo – Daleman – Surakarta.

Demikian, sekilas wajah lama terminal bus Klaten. sampai ketemu pada wajah2 lama kota klaten berikutnya. Terimakasih telah berkenan mampir.

SALAM BERSINAR....!!!!!!!!!!








Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment