Saturday, January 21, 2012

Curug Bayat atau Curug Indah Tegalrejo?

Minggu 15 Januari, sejuknya udara pagi membangunkan hasratku untuk menikmati keindahan Seputar Klaten, Curug Bayat menjadi target dadakan hari ini, konon menurut temen2, air terjunnya keren kalo pas musim penghujan, yap kebetulan akhir2 ini curah hujan di seputar klaten cukup tinggi. Saya sendiri belom pernah kesana :D ini akan menjadi pengalaman pertama sepanjang perjalanan hidup saya .. halah !!!

Gerbang masuk lokasi wisata Curug Bayat
Berharap ketemu view yang cantik, segera bergegas menuju TKP mumpung langitnya masih biru. Selesai menikmati sarapan seadanya langsung tancap gas :D ketika melewati Jimbung jadi inget kalo ada temen yg rumahnya di seputar Jimbung, eh... daripada hunting sendirian aku coba telp temenku Mas Tri Subahagia :D berhasil, dan nggak sulit menemukan rumahnya, lumayan bisa bersilaturohmi. Weew, sepertinya Mas Tri di rumah lagi sibuk :(
Namun, berkat kelapangan hati Mas Tri, akhirnya dia mau nemenin hunting pemandangan indah Curug Bayat, aseeeekkk....!! Lets gooo.......!!!!!!




Pemandangan pertama begitu turun dari gerbang wisata curug, aroma alami yang segar. Hmmm tuh Mas Tri langsung turun ke sungai, mo membidik air terjun dengan teknik SS katanya :)
Aku masih lebih seneng disini, menghirup udara dalam-dalam, merasakan sejuk yang menelusuri tenggorokanku pelan menjalar ke paru-paru, aku hirup lagi lebih dalam dan semakin dalam, kian terasa dalam dipelukan alam ... weleeh?!!!


Setelah cukup lama nangkring di atas bebatuan, akhirnya tertarik juga untuk segera turun ke curug. Curug dalam bahasa sunda artinya air terjun, menurut wikipedia :D Air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Air terjun dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan dimana erosi kerap terjadi.
Kalo Anda tertarik dengan air terjun, silakan liat2 dahulu daftar air terjun tertinggi di dunia, kalau ada waktu dan kesempatan siapa tahu nanti kita bertemu di sana, diantara air terjun tertinggi di duniaa :D xixixi semoga ^_^

"Curug Bayat" begitu warga seputar klaten sering menyebut lokasi wisata ini, namun sebenernya curug ini memiliki nama sendiri yaitu Curug Indah Tegalrejo, karena lokasi sebenernya di desa Tegalrejo dan berada di jajaran pegunungan seribu yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Gunung Kidul dengan Kabupaten Klaten :) hehehe. Mengenai retribusi masuk APBD mana maupun pengelolaan siapa dan bagaimana, mohon jangan tanya saya yaa?? karena saya bukan orang pemerintahan daerah xixixixi.....
Khabarnya sich tanah lokasi obyek wisata tersebut milik salah satu warga Gedangsari dan bukan milik pemerintah, warga yang mengelola fasilitas disekitar situ hanya menyewa lahan. Coba pemerintah daerah  lebih serius menanganinya yaaaa ???


Untuk mencapai air terjun utama diperlukan perjuangan menyusuri sepanjang sungai. Haduuuww... :-(
Tapi hati-hati lho yaaa, selalu waspada, jangan sampai terpeleset, tetap fokus pada tujuan utama, perhatikan tiap langkah demi langkah jangan memerhatikan orang-orang yang lagi pada pacaran yaak, xixixixi ntar malah jadi pingin trus gak konsen trus jatuh terpeleset..waakkk gedusrakk byuur  :D wkwkwkwkk



Mendengar istilah menyusuri sepanjang sungai dengan jalan kaki awalnya seperti menjemukan dan bakal bikin kempol pecah, ternyata itu SALAH BESAR..!!!! disepanjang sungai kita disuguhi pemandangan-pemandangan yang cantik lengkap dengan kesejukan udaranya .... aseeek


jajaran Batu-batu besar disepanjang sungai juga sangat mengasyikkan untuk duduk-duduk sejenak bersantai beristirahat sebelum kembali meneruskan perjalanan menuju air terjun utama, gak jauh kok. tuh dah keliatan :D hehehehe




saat kakiku basuhkan dan aku biarkan diterpa deras aliran airnya yg jernih dan dingin langsung menghilangkan dengan seketika rasa lelah dan letih diujung kaki maupun disudut-sudut jiwa.... halaah..!!!!



Waaooww...akhirnya sampai juga di air terjun utama, sangat elok memang, tidak heran jika banyak yang rela menyusuri sepanjang sungai demi pemandangan ini, terlihat beberapa orang sampai dibelain naik diantara deras alirannya. Cukup lama terpaku disini, duduk di batu besar itu menikmati harmoni nyanyian suara alam diselimuti udara segar Allahuakbar.
Pingin sebenernya masuk ke dalam air dan berendam, tapi sayangnya ga bawa baju ganti hehehe okey... lain kali kalo kesini aku mau mandi... janji!!! ^_^



Pulangnya kita mencoba jalur atas, ga menyusuri aliran sungai lagi, melewati jalan setapak



pemandangan dari sinipun tetep saja Indah...!!! menyaksikan insan manusia sedang menikmati karunia kebesaran tuhan Yang Maha Esa dengan segala keagungan-Nya, Allahuakbar!!



wOOw ...!!! wOOw ...!!! wOOw ...!!! sempet kaget liat pemandangan ini :( Ada Apaa ini?!!! Bahkan sempat geram dalam hati!!!!! Saya yakin, orang yang menebang ini pasti tau, ngerti dan paham betul apa resikonya jika pohon2 di sekitar curug ini habis ditebangi!!!
lalu segera aku redam sendiri, ah.. mungkin saja yang telah menebang ini telah menanam sebatang pohon kecil sebagai penggantinya.... semoga.... amieen 





Nah lhoo..... kalo sampai satu-satunya akses jalan masuk menuju Curug ini longsor pada mau lewat mana hayo?? hehehehe....
Mari kita jaga bersama kelestarian alam ini dengan terus MENANAM. Akan lebih bijaksana dengan mengawali dari diri kita sendiri untuk mulai menanam, minimal satu pohon demi kemanfaatan beragam makhluk bumi sekarang dan nanti.

51 comments:

  1. kelihatannya menarik... ntar saya kunjungi mas. thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, terimakasih kembali.
      mumpung masih musim penghujan mas.
      semoga ketemu view yg cantik yaaa
      salam Sedulur Klaten

      Delete
  2. wah apik mas tenan mas nek mongso udan,, aku durung kelakon mrene je. koncone hunting malah wis nang kalimantan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe.... terinspirasi ngglinding.blogspot.com mas, tetap semangat ngglinding sobo ndeso :D
      salam Sedulur Klaten

      Delete
  3. letaknya sebelah mana ya,,,minta informasinya dong mas,,,,suwun,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang kok mas, klo dah sampai Kecamatan Bayat, tinggal ambil ke arah Selatan, nah sampai disitu tanya aja sm warga sekitar, pasti dengan senang hati mereka akan menunjukkan :D
      okeyy... Maturnuwun ya Mas Indriyanto
      Salam Sedulur Klaten

      Delete
  4. Replies
    1. Mas Sabtu, terimakasih banyak, coba di sini http://www.panoramio.com/photo/65562876
      Salam Sedulur Klaten :)

      Delete
  5. Wah sedulur Klaten iki, salam kenal mas. Bakalan sering mampir neng blog'e sampeyan iki. Hehe

    Celoteh Sajakrerindu

    ReplyDelete
    Replies
    1. maturnuwun mas Sajakrerindu Klaten.
      monggo mas, sangat wellcome sekali :D

      salam suksessss selalu Sedulur Klatenku

      Delete
  6. baru tahu ada blog seputar klaten??
    saya kaseeeh cendooolll mas brrooow??
    salam kenal ms brow??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maturnuwun Mas Tony Blank eeh maaf..maaf... mas TONY BOSTER :D buat cendolnya wkwkwkwkk

      Salam Kenal Balik Sedulur Klaten
      Salam Suksess Always ^_^

      Delete
  7. AKU Udahhh jadi kesanaaa,, gara2 dikasi tau inponya mas seputar semarang,,hahahhah..
    tpi aku gak susurrr sampe kekali2 palengg bawahhh,, menurutku kerennn lo itu curug.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aseek... terimakasih Lupino ^_^
      hmmmm.... kok Seputar Semarang sich?? bukan Seputar Indonesia yak? :D wkwkwk
      ditunggu ya upload hasil foto2nya dan ulasan khas kamu yang bikin ngekek-ngekek itu.

      Delete
    2. woo iyaa salahhhh.. seputar klaten,,

      Jeng Jeng ngekekkk,, kamua anggap apa saya inihh,, sule?hahha..

      iyanih banyak jalan2 jadi bingung mau nulis yang mana duluann,, cailahhh gayaaa..

      Delete
    3. masak sule sich... nunung kaleee wkwkwkkwk

      okey,.... makasih yaa, Semangat BERBAGI SENYUM
      :D

      Delete
  8. Mas Rahmat, melihat foto-foto jepretan panjenengan, aku jadi 'ngiler'. Kapan ya aku bisa kesana ! Kutunggu postingannya yang lebih lebih ngejreeeng lagi Mas. Selamat berkarya terus...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Pak Didik Haryono, monggo kalo melintas KLaten mampir ya ^_^
      Dolan-dolan silaturohmi, nambah sedulur.
      Salam Suksesss..!!!!!

      Delete
  9. wah, aku jadi pengen ke sana.......

    Wirausaha Online Modal Nol Rupiah
    http://www.ti.co.id/?mitra=nirwanda

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mas Ryan, silahkan mampir :D
      Suksess ya buat wirausaha onlinenya.
      Salam Suksess selalu

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Keren bro. Cocok untuk penghobi fotografi nature.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas, monggo pinarak,
      salam sukses dengan berbagiinfokerjanya yaa
      Salam Sedulur Klaten

      Delete
  12. indah dan fresh , buat hati nyesss

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mbah bejo, blog mistiknya manstab :D
      Salam Suksess Selalu ya ^_^

      Delete
  13. mantap banget nih , , , kapan2 ke situ ah , , , kunjungi jg gan http://toufikhidayat.blogspot.com penuh cerita lucu,hiburan2, tutorial dan belajar pemrograman . . . ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. suwun Mas Taufick Hidayat,
      blog njenengan kereen, banyak tutorial yang bermanfaat
      Salam Suksess Selalu yaa

      Delete
  14. Replies
    1. Monggo Mas Taopik, silahkan mampir kapanpun.
      Salam Sukses Sedulur Klaten

      Delete
  15. kapan ya mampir sana, keren euy

    www.keretaminiku.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya dateng kesini pas musim penghujan, airnya tambah banyaak ^_^

      Delete
  16. Indah banget tempatnya. Senang melihat air sangat bersih di Indonesia. Harap di masa depan masih sebersih itu :)

    Anyways, Saya sudah posting beberapa foto, dengan Anda disebut, tentunya, ke akun saya di http://www.pinspire.co.id/dancalibara?cid=2425 Ini adalah situs jaringan sosial baru yang saya harap semua orang bisa bergabung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks Levita Amaro, pinspire itu bikinan kamu ya?? AWESOMEEEEE (y)

      Delete
  17. waah apik mas, masih alami banget,...bloger pemula nih, mampir jalan2 di http://dewiaquatica.blogspot.com/ ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mb Fajar SD ^_^
      saya sudah berkunjung ke blog Anda, asik banget kiri jalan terus ^_^

      Delete
  18. Tempate masih alami dan keren yo kang. Nek selo kapan2 tak paranane kang. Matur nuwun infone ya. Blog'e keren bgt.

    ReplyDelete
  19. Saya tadi pagi survey ke TKP bersama seorang teman, viewnya bagus banget mas ~ Amazing .. dan masuknya engga dipungut biaya lho ! Oiya, tapi saya nyesel engga sampai ke curug utamanya, Jalan ke curug utamanya agak sulit ya mas? Kalau ada info pariwisata Klaten bisa info ke Account Twitter @dzakyrais mas ! Salam Sedulur Klaten :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maturnuwun mas Dzaky, iya mas untuk mencapai curug utama perlu menyusuri sungai, atau kalo lewat jalur jalan atas juga bisa kok mas. Masih banyak wisata klaten yg bisa di ekplor lagi mas. salam sedulur klaten.

      Delete
  20. jalannya kira-kira lewat mana ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. daerah Bayat mb Aulia, coba cek dari Panoramio Google Earth ini :
      http://www.panoramio.com/photo/65562876

      Delete
  21. Setelah 20 tahun berlalu ternyata menjadi sangat indah ... semoga mudik depan saya bisa sempatkan main kesana bersama rombongan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, merantaunya lama banget mas, hehe... monggo mampir mas, klaten tambah apik sekarang.

      Delete
  22. Daerah klaten sebelah mana tu kak? boleh kasih tau alamatnya kalau dari jogja? terima kasih...

    ReplyDelete
  23. weitsss...keren banget mas Rahmat...hayukk...buat lagi yang lain, klaten kan luas mas...jadiii...pasti seru kalo mas Rahmat bisa posting yang lain. sekalian cerita rakyat yang dari klaten yang belum pernah di kenal luas...makasih mas...salam kenal!

    ReplyDelete
  24. klo kstu , bus cm bs sampe mna nya yaa ?

    ReplyDelete
  25. Walaah padahal simbah ku di Bayat malah belum tau ini... terima kasih informasinya, pasti tak ampirin kalau balik niliki simbah

    ReplyDelete
  26. Les privat, Juwana Tersedia tutor dalam jumlah sangat banyak (Juwana). Testimoni dan harga tepat. Seleksi guru privat bahasa asing Anda sekarang. https://preply.com/id/Curug/guru

    ReplyDelete
  27. FBS IndonesiaBroker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : FBSID007

    ReplyDelete